Kado terindah Untuk Papa #my journey part1

Hello. Longtime no see🐇

-Kado Terindah Untuk Papa-

Aku mau cerita tentang sedikit perjalanan aku selama kuliah^^
Diawali pas sebelum masuk kuliah, aku tu dengan PD nya apply SNMPTN keluar. Ke 3 PTN favorit dgn ambil kedokteran semuanya. Harapan aku bisa lulus karna aku ada mengantongi sertifikat juara nasional. Betapa berharapnya aku saat itu.

Dengan PD nya aku ga ikut bimbel, ga belajar sm sekali sedangkan temenku lainnya udh pada ke Banda untuk ikut bimbel dibeberapa tempat. 

Saat pengumuman tiba.
Jengjeng. 
"Maaf anda dinyatakan tidak lulus SNMPTN". Aku menangis sekeras-kerasnya saat itu. Waktu untuk sbmptn pun ga lama lagi. Segera . Aku belajar autodidak. Aku ulang semua pelajaran dan aku ikut SBMPTN. 
Saat itu aku pilih 3 jurusan 
1. Kedokteran Unsyiah
2. Kedokteran gigi Unsyiah 
2. Pendidikan Kimia Unsyiah
Dalam hatiku "yaAllah kenapa ga engkau luluskan hamba😔" Rintihku lagi karna ga lulus SNMPTN. Dengan semangat aku buka buku pelajaran khusus untuk lulus sbmptn. Dan aku belajar itu selama kurang dari sebulan. Tapi bukunya berhasil aku khatamkan.
Terkadang aku memang gila dalam hal belajar. Tapi aku tu org nya cepat lupa juga 😅

Dan tiba saat pengumuman SBMPTN jeng jeng "selamat anda diterima di pendidikan . ..........kimia".

Seketika aku menangis kecewa😅 aku kira pendidikan dokter. Eh pendidikan kimia . 
Dan ada salah seorang teman menasehati. Cut. Coba belajar husnudzan sama Allah. 
Banyak diluar sana yg ga seberuntung Icut. Lulus sbmptn. Mungkin Icut ga lulus ditempat yg Icut inginkan karena Allah punya rencana lain didalamnya. Percaya!:)

Akupun tertunduk. Aku harus selalu yakin dan selalu husnudzan dengan Allah. Disini lah aku mulai belajar untuk terusberusaha. Dan berdoa !!! Segala sesuatu itu ga semuanya bisa digapai dengan mudah. Harus berusaha disitulah letak nikmatnya.  

Terus aku juga coba di PTN lain yaitu UIN aku ambil cuma 1 konsentrasi yaitu bahasa Inggris . Karna dari SMA aku suka dgn pelajaran itu . Dan Alhamdulillah saat pengumuman tiba aku lulus disitu. 

Sempat terbesit dibenakku. Mak aku ingin kuliah 2. Setelah 2 tahun kepergian ayahku. Kondisi ekonomi kami mulai memburuk. Jadi ya aku pilih satu aja. Aku awalnya ingin memilih UIN . Karena denger2 dari senior BHS Inggris UIN itu bagus. 

Tapi dibenakku, bahasa Inggris bisa belajar autodidak kan cut? Coba keluar dari zona nyaman. Dannnnn ... Aku memutuskan untuk ambil UNSYIAH jurusan pendidikan kimia. 

Singkat cerita. 
Saat itu juga, pas ospek tiba aku diundang di Acara Hardikda (Hari Pendidikan Daerah) Aceh. Dan Alhamdulillah mendapat penghargaan dari gubernur sama sedikit uang pembinaan dari lomba yang aku ikuti saat SMA. Sungguh aku sangat bersyukur saat itu. Karena aku bisa meringankan sedikit beban kuliah dari keluargaku.

Terus aku berusaha menjalani dunia perkuliahan .ternyata dunia perkuliahan ga semudah yg aku bayangin😅 jurusan aku menuntut siswa nya untuk harus belajar. 
Kimia kuliah ternyata ga sama dgn kimia yang dipelajari sewaktu SMA. 
Rasanya hanya mahasiswa kimia yang tau 😅

Sebulan aku menjalani perkuliahan. Aku diajak salah seorang teman. Cut. Beasiswa LPSDM dibuka tu. Kita Apply yok .
Dengan berbekal sertifkat nasional itu aku coba apply beasiswa nya. Dan saat aku ke kantornya . Saat itu juga dinyatakan lulus dan aku langsung dikasih rincian beasiswa yang aku terima. 
Dan saat aku liat .YaAllah aku ga pernah bayangin akan dapat uang dengan nominal sebanyak itu.
Per-semester aku dibiayain mulai dari biaya kuliah, makan, tempat tinggal, buku dll. Bahkan dgn beasiswa itu aku juga bisa membantu org tuaku. Alhamdulillah kuasa Allah. Disini la aku paham. Allah memberikan yg kita butuhkan. Bukan inginkan. Allah yg lebih tau urusan kita .
Dan Alhamdulillah. Berkah bulan September 2014 saat itu berturut2 . Aku tak harus membebankan uang kuliahku kepada org tua. alhamdulilah 'ala kulli hal. 

Pa. andai papa masih ada . 
Semua ini ingin Icut bagikan kepada papa. 
Tapi icutt percaya papa selalu ada disini. Terimakasih sudah mendoakan Icut . I love you dad. Semoga dilapangkan kuburnya. diampuni segala dosanya. 
Icut udh membuat mama, kak oci, bg isep tersenyum. 
Semoga Icut bisa membuat mereka tersenyum juga untuk seterusnya pa🌹


Komentar

  1. ���������������� Good junior yg menginspirasiii..

    BalasHapus
  2. Membaca ini berarti juga mewakili cerita ku 95% hampir sama
    Kamu tidak sendiri dalam skenario hidup seperti ini, Alhamdulillah Waa Syukurillah

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Self Report^^

Bagian dari perjuanganku🐝